RAPAT TIM PENGAWASAN ORANG ASING (TIPORA) KANTOR IMIGRASI KLAS II CIREBON

Published on : March 15, 2014 Categories: Article Post By: admin

Kantor Imigrasi Klas II Cirebon melaksanakan rapat dengan Anggota TIPORA sewilayah III Cirebon yang terdiri dari: 1. Anggota TIPORA Kota Cirebon sebanyak 15 (lima belas) anggota perwakilan, 2. Anggota TIPORA Kabupaten Cirebon sebanyak 11 (sebelas) anggota perwakilan, 3. Anggota TIPORA Kabupaten Indramayu sebanyak 13 (tiga belas) anggota perwakilan, 4. Anggota TIPORA Kabupaten Majalengka sebanyak 9 (sembilan) anggota perwakilan, 5. Anggota TIPORA Kabupaten Kuningan sebanyak 10 (sepuluh) anggota perwakilan.

 

Rapat tersebut di laksanakan pada tanggal 10 sapai dengan 11 di bulan juni tahun 2013 bertempat di Grage Hotel Cirebon. Maksud dan tujuan di adakan rapat TIPORA adalah untuk meningkatkan koordinasi dari masing-masing instansi terkait dalam melakukan pengawasan terhadap Orang Asing yang melakukan kegiatan di wilayah Indonesia khususnya bidang tugas Kantor Imigrasi Klas II Cirebon (Ciayumajakuning) mulai dari masuk, keberadaan, kegiatan, sapai keluar wilayah Indonesia. Hal ini di atur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 pasal 69 yaitu untuk melaksanakan Pengawasan terhadap Orang Asing di wilayah Kerja masing-masing Kantor Imigrasi dengan melakukan kerja sama antar Instansi Terkait dan membentu TIM Pengawasan Orang Asing (TIPORA). Dasr terbut menjadi acuan Kantor Imigrasi Klas II Cirebon membentuk Tim dengan instansi pemerintah terkait yang terdiri dari Instansi dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten kuningan.

 

Rapat TIPORA yang dilaksanakan di Hotel Grage Cirebon tersebut di buka oleh Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Jawa Barat Bapak Adang Hidayat SH, MH. yang menyampaikan tujuan diadakannya rapat TIPORA ini yaitu demi tercapainya slektif policy yang artinya Hanya Orang Asing yang Bermanfaat saja yang di ijinkan masuk ke Wilayah Indonesia khususnya Wilayah III Cirebon.

 

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Cirebon  Bapak Agato PP Simamora menyampaikan paparan yang mengemukakan persamaan persepsi dari semua instansi terkait mengenai pentingnya Pengawasan Orang Asing dan perlu mewaspadai adanya imigran yang masuk ke wilayah Indonesia khususnya wilayah III Cirebon.

 

Dari rapat tersebut hasil yang diharapkan adalah pemahaman dari peserta rapat Instansi terkait sewilayah III Cirebon memahami tugas dean fungsi Imigrasi terutama Kantor Imigrasi Klas II Cirebon bahwa Pengawasan merupakan salah satu tugas dan fungsi imigrasi. Dan dari Rapat TIPORA ini diharapkan menjadi forum pertukaran informasi dari masing-masing instansi pemerintah terkait, serta menjadi bahan masukan mengenai kendala atau permasalahan yang timbul dalam hal pengawasan Orang Asing baik masuk dan keluar seta kebaradaan dan kegiatannya selama berada di Wilayah Indonesia. serta dari pembentukan TIPORA ini Tugas Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Klas II Cirebon lebih efektif dan kerjasama antar instansi Pemerintah Wilayah III Cirebon menjadi lebih baik.