KULIAH TUJUH MENIT (KULTUM) BERSAMA KEPALA KANTOR WILAYAH

Published on : August 19, 2014 Categories: Article Post By: admin

1

Picture 1 of 4

     Cirebon, (16/07/2014) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat mengunjungi Kantor Imigrasi Klas II Cirebon dalam rangkaian Safari Ramadhan ke Kota Cirebon. Sebelumnya beberapa Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yang telah dikunjungi antara lain Lapas Klas I Cirebon, Rutan Klas I Cirebon, Bapas Klas II Cirebon, Rupbasan Klas I Cirebon, Lapas Khusus Narkotik Klas IIA Cirebon dan terakhir berkunjung ke Kantor Imigrasi Klas II Cirebon.

     Dalam lawatannya kali ini, Kepala Kantor Wilayah yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Bagian Umum serta rombongan jajaran Lembaga Pemasyarakatan se-kota Cirebon,  diterima hangat oleh Kepala Kantor Imigrasi beserta jajarannya. Rombongan tiba pada pukul 12.15 WIB langsung menuju ke Masjid Al-Karim untuk mengikuti Ibadah Sholat Dzuhur berjamaah.

     Usai menjalankan Ibadah Sholat Dzuhur, seluruh jamaah shalat mendengarkan kuliah tujuh menit (kultum) yang di bawakan oleh Kepala Kantor Wilayah I Wayan. K Dusak, dalam ceramahnya menjelaskan bagaimana kaitannya ibadah shaum dengan nilai-nilai integritas. “Dalam melaksanakan ibadah puasa bukan hanya menahan haus dan lapar saja, tetapi melainkan bagaimana kita bisa melakukan hal-hal yang baik, apalagi tugas Imigrasi adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka sangat diperlukan nilai-nilai integritas dalam memberikan pelayanan kepada publik dan bagaimana caranya kita bekerja sesuai nilai-nilai integritas, jawabannya adalah lakukanlah pekerjaan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah di tetapkan”, ujarnya.

     Sedangkan Integritas adalah dapat diartikan  apa yang  kita lakukan sesuai  dengan ucapan. Ucapan berdasarkan aturan, dan aturan ini harus dijalankan dengan  kesungguhan hati kita, sehingga nantinya kita bekerja sesuai dengan hati nurani, dengan hati itulah nantinya dapat menentukan mana yang baik dan mana yang tidak baik, dan harapan apa yang telah di bangun oleh Kantor Imigrasi Cirebon yang sudah baik ini, kiranya dapat terus di pertahankan, terutama bagaimana menjalin hubungan baik antara atasan dan bawahan, begitupula dengan masyarakat, artinya bagaimana kita bisa menjalin komunikasi yang baik dan santun untuk dapat memberikan informasi secara baik dan benar  serta dapat di terima oleh masyarakat, terutama menyangkut masalah pelayanan kepada publik, mungkin melalui iklan di media cetak maupun elektronik atau melalui media pemberitahuan berupa signboard atau banner sehingga nantinya akan tercapainya keharmonisan.

     Mengakhiri kunjungannya, Kepala Kantor Wilayah berkenan berkesempatan untuk meninjau ruang pelayanan, Kepala Kantor Imigrasi Klas II Cirebon menjelaskan bahwa Kantor Imigrasi Cirebon saat ini bekerja keras mempersiapkan segala sesuatunya untuk launching sistem baru yaitu Sistem Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT) atau yang di kenal Sistem One Stop Service (OSS) yang mana sistem ini lebih mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu  dalam penerbitan paspor ujarnya, Kantor Imigrasi Cirebon berkomitmen per tanggal 1 Agustus 2014, sistem tersebut akan dilaksanakan sehingga para pemohon tidak membutuhkan waktu berhari-hari dalam mengurus penerbitan Paspor.