KUNJUNGAN KERJA DAN PERTUKARAN INFORMASI DIVISI KEIMIGRASIAN BESERTA JAJARAN KANTOR IMIGRASI LINGKUP KANWIL KEMENKUMHAM BANTEN PADA KANIM CIREBON

Published on : September 8, 2014 Categories: Article Post By: admin

IMG_1598

Picture 1 of 7

Cirebon, (02/09/2014) Rombongan jajaran Kantor Imigrasi se-Wilayah Propinsi Banten yang dipimpin Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Ramli, S.E., MAP mengunjungi Kantor Imigrasi Klas II Cirebon, dalam rangka kunjungan kerja dan pertukaran informasi seputar peningkatan pelayanan publik dan hal-hal lainnya guna menunjang optimalisasi kinerja aparatur yang professional, handal dan inovatif dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi.

     Kedatangan rombongan yang langsung di sambut baik oleh Kepala Kantor, Agato P.P. Simamora beserta pejabat struktural dan pegawai jajaran Kantor Imigrasi Klas II Cirebon. Rombongan langsung diarahkan untuk melihat foto-foto kegiatan di ruang lobby utama, setelah itu melihat keadaan ruang kerja di setiap Seksi dan Sub. Bagian Tata Usaha sekaligus diperlihatkan dan diperkenalkan sistem aplikasi baru di masing-masing Seksi tersebut, yang diawali dengan sistem Digitalisasi File menggunakan mesin Fuji Xerox dengan teknologi MFD (Multi Functional Device) selain berfungsi sebagai mesin fotocopy juga mampu untuk menyimpan berkas /arsip melalui melalui proses scanning dengan mengubah (convert) file gambar menjadi berupa file text. Sehingga dengan teknologi ini  Kantor Imigrasi Klas II Cirebon mempunyai lemari virtual yang dapat menyimpan ribuan bahkan jutaan file di dalam komputer yang sangat bermanfaat untuk memudahkan dalam pencarian dan penemuan kembali berkas arsip yang dibutuhkan, pelaksana kegiatan tersebut dilakukan oleh Seksi Fosarkim. Untuk Seksi Wasdakim diperkenalkan sistem pengawasan orang asing dengan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) sehingga dapat memantau keberadaan orang asing atau sponsornya, hal bermanfaat untuk memudahkan dalam sistem pengawasan yang ada di wilayah III Cirebon yang cukup luas.

     Sementara itu, untuk Seksi Lantaskim diperkenalkan Sistem Pelayanan Pembuatan Paspor Terpadu (SPPT) atau yang lebih di kenal dengan sistem One Stop Services (OSS), yang mana Kantor Imigrasi Cirebon telah memfungsikan sistem tersebut, mulai dari loket penerimaan berkas permohonan, entri data, scan dan foto yang dilayani dalam satu loket/meja sehingga mempersingkat dan lebih mengefektifkan serta mengefisiensikan waktu para pemohon dalam membuat paspor.

     Sedangkan di Sub. Bagian Tata Usaha, diperkenalkan sistem Aplikasi Keuangan yang sangat bermanfaat untuk penginputan data yang langsung masuk kedalam beberapa buku kas, memudahkan pembuatan pajak, memudahkan perhitungan dan pertanggung jawaban tunjangan kinerja, memudahkan dalam pemotongan gaji pegawai, serta memberikan informasi kepada setiap pegawai melalui SMS setiap uang yang di transfer ke rekening para pegawai, dan masih banyak lagi kemudahan-kemudahan dengan menggunakan sistem Aplikasi Keuangan tersebut.

     Usai meninjau ruang kerja dan ruang pelayanan, acara selanjutnya paparan Kepala Kantor Imigrasi Cirebon tentang tahap demi tahap pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana publik yang di bangun dengan menggunakan Sistem Manajemen Pelayanan Keimigrasian (SIMPLEKIM) yang semata-mata memberikan kemudahan-kemudahan pemberian layanan pemohon paspor secara cepat dan tepat dengan waktu penyelesaian se-optimal mungkin.