KANTOR IMIGRASI CIREBON MEMULANGKAN WARGA NEGARA ARAB SAUDI PELANGGAR UNDANG-UNDANG KEIMIGRASIAN

Published on : December 17, 2014 Categories: Article Post By: admin

IMG_5302

Picture 1 of 5

Cirebon, (15/12/2014) Kantor Imigrasi Klas II Cirebon  melalui Seksi Pengawasan dan Penindakan memulangkan seorang warga Negara asing asal Arab Saudi sesuai tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Klas II Cirebon Nomor : W.11.IMI.IMI.2-GR.01.01-3477 Tahun 2014 tanggal 12 Desember 2014.

Menurut Kasubsi Penindakan, Syofian Pringgo Prasetyo menjelaskan bahwa hal ini terungkap yang bersangkutan hendak mengajukan ITAS di Kantor Imigrasi Cirebon, dari pemeriksaan berkas di loket asing, petugas loket  mencurigai adanya kejanggalan kelengkapan administrasi  terkait dengan ketidak absahan buku nikah dari hasil pernikahan dengan warga Negara Indonesia asal Indramayu,  dengan kejadian tersebut, pihak Imigrasi Cirebon langsung mengkonfirmasi pihak KUA dimana ia mendapatkan buku nikah tersebut.

Setelah melakukan konfrimasi dengan pihak KUA, ternyata yang bersangkutan, buku Nikahnya tidak tercatat dalam buku register Akta Nikah yang dikeluarkan oleh KUA Kec. Cakung Jakarta,  yang bersangkutan telah melanggar pasal 123 huruf (a) UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan harus dipulangkan ke Negara asalnya, ungkap pringgo.

Proses pemulangannya, langsung  dipimpin oleh Kasubsi penindakan, Syofian Pringgo Prasetyo di dampingi 2 orang staf dan seorang tenaga pengamanan, dengan menggunakan kendaraan deteni, berangkat dari Kantor Imigrasi Cirebon, Sabtu (12/12/2014) dini hari  pada pukul 00.30 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Husein Sastranegara pada pukul 07.30 WIB, petugas Imigrasi Cirebon langsung melakukan bording pass dan pengecekan kelengkapan administrasi oleh petugas Bandara dan petugas Imigrasi setempat, pemulangan warga asing asal Arab Saudi menggunakan maskapai penerbangan Air Asia AK 417 yang di jadualkan penerbangannya pada pukul 08.30 WIB berjalan lancar, aman dan terkendali.