Peringatan Hari Bhakti ke-65, Kanim Cirebon Usung Tema Penegakan Hukum, Integritas dan Imigrasi Jaya

Published on : January 27, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_1053

Picture 1 of 9

CIREBON (CT) – Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-65 yang jatuh pada tanggal 26 januari, digelar di berbagai kegiatan, di Kantor Imigrasi klas II Cirebon, seluruh pegawai berbagai tingkatan dan jabatan menggelar upacara di depan halaman kantor.

Hadir dalam kesempatan tersebut, berbagai tokoh dan tamu undangan serta sejumlah pegawai yang sudah purnabhakti, mereka juga secara langsung menyaksikan prosesi upacara. Bertindak sebagai inspektur upacara dalam hal ini, Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian, Adinda Pramudite.

Dalam kesempatan tersebut, inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, yang diantaranya berisikan, agar jajaran imigrasi, untuk tidak henti-hentinya melakukan berbagai terobosan dan peningkatan pelayanan publik.

Sebagai contoh, beberapa program unggulan yang sudah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat antara lain, penerapan sistem pelayanan paspor terpadu atau lebih dikenal dengan istilah one stop service (OSS) yang telah diimplementasikan di seluruh kantor imigrasi.

Dalam sistem tersebut, di mana proses pelayanan paspor sejak tahapan data entry sampai dengan pembayaran dapat dilakukan di satu booth dalam satu kali pertemuan dan dilayani oleh satu petugas. Sementara itu berkaitan dengan peningkatan pelayanan terhadap orang asing, Direktorat Jendral Imigrasi telah mengambil langkah, pemberian kemudahan berupa pemangkasan birokrasi dalam pelayanan orang asing. Sebagaimana diatur dalam peraturan menteri Hukum dan Ham RI nomor 27 tahun 2014.

Selain itu guna mendukung kebijakan pemerintah, dengan ikut menjadi bagian dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), terkait dengan pemberian visa di bawah koordinasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam peningkatan hukum dan keamanan, Direktorat Jenderal Imigrasi juga secara aktif, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait lainya. Di tahun 2015, Direktorat Jenderal Imigrasi telah menetapkan,
beberapa program unggulan diantaranya, Implementasi Autogate untuk pemeriksaan keimigrasian warga negara indonesia yang masuk dan keluar melalui TPI Bandar Undara Juanda dan Bandar Udara Soekarno Hatta di terminal III ultimate.

Imigrasi juga akan mengimplementasikan sistem antrian permohonan paspor di 120 kantor imigrasi, serta implementasikan sistem pelaporan orang asing online di 120 kantor imigrasi.

Sebagai pusat pengaduan, imigrasi juga akan mengimplementasikan call center, video call sistem pengaduan terpusat yang memungkinkan masyarakat dapat menyampaikan permasalahan secara langsung melalui video call.

Usai menggelar upacara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian, Adinda Pramudite, potongan tumpeng pertama diberikan kepada pegawai imigrasi yang sudah purnabhakti, selanjutnya kepada para tamu undangan, serta pegawai imigrasi termuda. (CT-091)