Kanim Kelas II Cirebon Menggelar Operasi Bhumi Pura Wira Wibawa

Published on : May 8, 2015 Categories: Article Post By: admin

operasi1

Picture 1 of 4

Cirebon, (05/05/2015) Berdasarkan Instruksi Direktur Jenderal Imigrasi No. IMI.5.GR.02.07-1.0747 tentang pelaksanaan operasi pengawasan orang asing secara serentak di seluruh Indonesia (05-07/05) Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon menggelar operasi  yang ada di wilayah III Cirebon yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan dengan melibatkan  18 (delapan belas) personil.

Sebelum melakukan pengawasan diawali  apel siaga yang dipimpin Kasi Wasdakim H. Daulay sebagai pemimpin pasukan dengan inspektur Upacara Kepala Kantor Imigrasi Cirebon Eko Budianto, dalam pengarahannya, Eko Budianto menyampaikan operasi ini dengan nama operasi “Bhumi Pura Wira Wibawa” dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk mengawasi keberadaan orang asing yang di duga melakukan pelanggaran terhadap pasal 71 Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian perihal kewajiban orang asing khususnya terhadap orang asing pemegang KITAS yang melakukan kegiatan diluar wilayah Kantor Imigrasi yang menerbitkan KITAS miliknya ; orang asing yang tidak dapat menunjukan paspor dan dokumen lainnya serta penyalahgunaan Izin Tinggal, ungkapnya.

Selain itu pula Eko Budianto menegaskan kepada para personil dalam pelaksanaan operasi pengawasan harus berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengedepankan norma, etika dan asas kepatutan. Dalam operasi ini dibagi dalam tiga tim, yaitu Tim 1 diketuai Kasi Wasdakim, H. Daulay dengan target sasaran operasi diwilayah Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, Tim 2 diketuai Kasi FOSARKIM, Adinda Pramudite dengan wilayah operasi Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Kuningan, dan Tim 3 diketuai Kasubsi Pengawasan, Ben Yuda Karubaba dengan target Operasi wilayah Kabupaten Majalengka.