Kantor Imigrasi Cirebon Selenggarakan Capacity Building

Published on : June 13, 2015 Categories: Article Post By: admin

20140601_221908

Picture 1 of 5

Pangandaran, (06/07/2015) Capacity Building, pada dasarnya merupakan serangkaian strategi yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan responsifitas dari kinerja, melalui perbaikan kualitas sumber daya manusia untuk mendorong agar organisasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya serta menciptakan kondisi lingkungan yang dibutuhkan oleh organisasi agar dapat berfungsi dengan baik.

Kegiatan capacity building ditekankan kepada unsur kerjasama tim dan konsentrasi agar dapat menghadapi berbagai rintangan untuk mencari solusi, sehingga kedepan dapat mengantisipasi berbagai persoalan – persoalan kehidupan yang sering terjadi sekaligus membentuk kepribadian yang mandiri, tegar, rasa solidaritas yang tinggi sesama teman dan kerjasama yang baik sehingga suatu target akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan secara kompak dan terarah.

Pelaksanaan capacity building dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran, dengan mengunjungi beberapa tempat wisata, diantaranya Green Canyon, pantai batu karas dan pantai batu hiu. Rombongan bertolak dari Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon pada pukul 22.00 WIB, (05/06) sebelum melakukan perjalanan, diadakan upacara pemberangkatan dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Cirebon, Eko Budianto yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk merelelaksasi dan memberikan penyegaran pikiran dari kepenatan terhadap rutinitas pekerjaan yang kita lakukan di kantor, sehingga perlu adanya refreshing sehingga ketika kembali, dapat bergairah dan semangat kembali dalam bekerja, ungkapnya.

Selama pelaksanaan, para peserta disuguhi dengan berbagai permainan air, yaitu diawali mengunjungi green canyon, dengan menaiki perahu menyusuri indahnya objek wisata alam Green Canyon ini adalah aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Daerah ini juga diapit oleh dua buah bukit, serta terdapat banyak bebatuan dan pepohonan. Selain memiliki kedalaman 5 Hingga 10 meter objek wisata ini terlihat hijau karena pantulan sinar matahari dengan rimbunnya dedaunan di sekitaran sungai Green Canyon, sembari melihat pemandangan sambil melaju di atas perahu, disamping kanan dan kiri sungai terlihat tebing bebatuan Hitam yang menambah eloknya objek wisata ini. Aliran sungai Cijulang yang melintas memiliki aliran air yang sangat jernih, membuat para peserta mencoba berenang untuk mencapai Batu yang menyerupai payung dimana para peserta dapat menguji adrenalinnya untuk locat ke air dari atas batu Payung tersebut.

Usai menikmati keindahan Green Canyon, selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Batu Karas dimana puncak acara Capacity Building dilaksanakan, di tempat ini seluruh peserta disuguhi dengan berbagai macam permainan baik secara individu, maupun kelompok yang dituntut ke hati-hatian, kosentrasi dan kekompakan tim untuk menyelesaikan berbagai permainan tersebut.

Mengakhiri kegiatan, seluruh peserta mengunjungi Hutan Cagar Alam yang ada di sekitaran pantai pasir putih yang indah, untuk menuju kesana peserta menaiki perahu, dan sesampai disana berjalan menelusuri jalan setapak dan menikamati rimbunnya pohon yang telah berusia ratusan tahun serta melihat peninggalan banteng bawah tanah yang dibuat pada jaman penjajahan Jepang, dimana benteng tersebut dibuat hasil kerja paksa (romusha) para rakyat Indonesia pada masa itu dengan memakan korban yang cukup banyak.