Kantor Imigrasi Cirebon Lakukan Study Banding pada Kanim Surabaya

Published on : September 23, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_0050

Picture 1 of 4

Dalam rangka meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana, Jumat (18/09/2015) pukul 10.00 WIB Kantor Imigrasi Cirebon melakukan kegiatan studi banding pada Kantor Imigrasi Surabaya yang di pimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Cirebon, Eko Budianto beserta jajarannya antara lain, Kasubsi Komunikasi, Kepala Urusan Keuangan, Pejabat Pembuat Komitmen dan beberapa orang staf Tata Usaha.

Pada kunjungan kali pertama ke Surabaya ini Jajaran Kantor Imigrasi Cirebon disambut dan diterima dengan baik oleh Kepala Bagian TU, Arif Rachman Kuntjono serta beberapa pejabat struktural dan pegawai Kantor Imigrasi Surabaya. Dalam pertemuan yang bertempat di ruang rapat Kantor Imigrasi Surabaya, Arif Rahman memberikan sambutan sekaligus mewakili Kepala Kantor Imigrasi Surabaya yang berhalangan dikarenakan menghadiri acara lain, mengucapkan ungkapan terima kasih dan menegaskan bahwa bukan berarti Kantor Imigrasi Surabaya lebih baik dari Kantor Imigrasi Cirebon, akan tetapi ada yang jauh lebih penting dari kegiatan ini yaitu adanya pengalaman baru yang diperoleh sebagai bahan adopsi dan mungkin akan diterapkan di Kantor Imigrasi Cirebon

Sementara itu Eko Budianto memaparkan bahwa tujuan dari kunjungan study banding ini adalah merupakan ajang silaturahmi sekaligus berbagi pengalaman terkait dengan pengelolaan anggaran dan pelaksanaan pembangunan sarana dan prasrana bagi pegawai maupun masyarakat pemohon jasa keimigrasian yang telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Surabaya. pada kesempatan ini jajaran Kantor Imigrasi Cirebon berkeliling melihat secara langsung berbagai sarana prasarana yang ada pada kantor Imigrasi Surabaya, mulai dari ruang arsip dengan lemari-lemari besar yang tertata rapi.

Ada satu ruangan yang menarik perhatian dari jajaran Kantor Imigrasi Cirebon yaitu Control Room yang merupakan ruang pusat pengembangan berbagai aplikasi berbasis IT seperti aplikasi pengukur kinerja pegawai loket, aplikasi panggilan darurat IT Support, aplikasi kepegawaian. Selain itu juga di ruang ini banyak melahirkan ide-ide atau konsep tentang berbagai inovasi berkaitan dengan pelayanan pada Kantor Imigrasi Surabaya. Perjalanan study banding selanjutnya ialah dengan mengunjungi Unit Pelayanan Paspor (ULP) yang terletak di Maspion Square Surabaya

Tujuan terakhir dari study banding ini adalah rumah dinas serta mess bagi para pegawai Kantor Imigrasi Surabaya yang keberadaannya tidak jauh. Kantor Imigrasi Surabaya sendiri sampai saat ini 5 buah rumah dinas yang diperuntukan untuk pejabat struktrural serta 1 buah mess tingkat 4 dengan 20 kamar yang diperuntukan bagi para pegawai yang bertugas di Bandara Internasional Juanda. Setelah selesai mengujunjungi rumas dinas dan mess, jajaran Kantor Imigrasi Cirebon kembali ke penginapan untuk melakukan chek out keesok hariannya.