Kantor Imigrasi Cirebon Menjadi Narasumber Pelatihan Undang-Undang Maritim Pada Dit.Polair

Published on : September 17, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_9610

Picture 1 of 3

Cirebon, (15/09/2015) Kanim Cirebon mendapatkan kehormatan untuk menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan Undang-Undang Maritim yang diselenggarakan oleh Dit. Polair Polda Jabar. Peserta yang seluruhnya berasal dari anggota Polair Polda Jabar ini diselenggarakan di Aula Mako Ditpolair Polda Jabar Jl. Samadikun Kota Cirebon.

Adinda Pramudite yang mewakili Kepala Kantor selaku Kepala Seksi Fosarkim Kantor Imigrasi Cirebon meyampaikan materi tentang Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Didalam Undang Undang Keimigrasian fungsi Imigrasi pada wilayah perairan adalah mengatur, mengawasi dan mengamankan kelengkapan dokumen perjalanan manusia. Bagi setiap warga Negara yang akan datang atau bepergian dari/ ke luar negeri melalui pelabuhan pada saat proses pendaratan/ pemberangkatan wajib memenuhi persyaratan formalitas keimigrasian yang tidak boleh dilanggar yaitu dengan melaporkan kedatangan/ keberangkatan kepada petugas Imigrasi di pelabuhan yang telah ditetapkan. Hal tersebut yang menjadi dasar mengapa pihak Imigrasi dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Dengan luasnya wilayah perairan Indonesia, menunjukan adanya kerawanan-kerawanan terhadap masuknya orang-orang asing baik disengaja maupun tidak disengaja. Disengaja dalam arti adanya kepentingan untuk memasuki wilayah negara secara illegal seperti tujuan penyelundupan, pencurian ikan atau sumber lainnya, imigran gelap, perdagangan orang dan lainnya. Sedangkan masuk secara tidak sengaja atau terpaksa misalnya karena bencana alam (terdampar), pengungsian (pelarian) atau lainnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut dapat meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara pihak Imigrasi dan Kepolisian khususnya Polisi Perairan dalam menanggulangi masalah tersebut.