Optimalkan Fungsi Keamanan, Kanim Cirebon Gelar Operasi Gabungan Bersama Tipora Kabupaten Indramayu

Published on : September 7, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_8683

Picture 1 of 3

Indramayu (01/09/2015) Kantor Imigrasi Cirebon melakukan pengawasan orang asing bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Tipora) wilayah Indramayu, Operasi ini diikuti oleh beberapa instansi yang tergabung dalam Tipora Indramayu diantaranya Kodim Indramayu, Dinsoskertrans Indramayu, Dinas Pendidikan, Angkatan Laut, Kesbangpol dan Kejaksaan negeri Indramayu. Operasi gabungan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi bersama Tipora Indramayu yang diselenggarakan sebelumnya pada (25/08/2015) lalu.

Operasi yang dipimpin oleh Ben Yuda Karubaba selaku kasubsi Pengawasan Kantor Imigrasi kelas II Cirebon ini mempunyai target operasi yaitu PT. Java Seafood yang berlokasi di daerah Eretan Indramayu. “Operasi kali ini kita libatkan seluruh intansi/lembaga yang mempunyai tugas dan wewenang atas keberadaan orang asing, apabila terdapat pelanggaran kita serahkan pada instansi sesuai jenis pelanggarannya” Ungkap Ben.

Pada operasi kali ini Tim melakukan pengawasan dengan cara menyisir area perusahaan, Terdapat 7 Warga Negara Korea Selatan dan 1 warga negara Thailand yang terdata pada Kantor Imigrasi Cirebon pemegang izin tinggal terbatas (Itas). Pihak perusahaan bersikap kooperatif dengan mempersilahkan Tim melihat proses produksi perusahaan yang mengolah bahan makanan berupa ikan untuk di ekspor ke beberapa negara di kawasan Asia.

Dari hasil pemeriksaan terhadap perusahaan tersebut, Tim tidak menemukan adanya pelanggaran baik dari izin keimigrasian maupun dari pelanggaran lainnya terkait keberadaan orang asing tersebut.