Konfrensi Pers Pelaksanaan Operasi Bhumi Pura Wibhawa II Pada Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon

Published on : October 27, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_3078

Picture 1 of 3

Cirebon, (23/10/2015) Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon menggelar Pers Release terkait pelaksanaan Operasi Bhumi Pura Wira Wibhawa (19 s/d 23) yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, sesuai Surat Edaran Direktur Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian Nomor IMI.5.GR.02.07-1.2130 tentang Pelaksanaan Operasi Pengawasan Orang Asing.

Dalam konfrensi pers dihadiri oleh wartawan media cetak maupun elektronik, Kepala Kantor Imigrasi Cirebon, Eko Budianto menerangkan bahwa  operasi dilakukan selama 3 (tiga) hari yang melibatkan sebanyak 33 (tiga puluh tiga) personil dengan sandi “Bhumi Pura Wira Wibhawa” berhasil menemukan 5 (lima) warga Negara asing dari berbagai kewarganegaraan.

Operasi Orang Asing dilakukan mencakup wilayah tugas Kantor Imigrasi Cirebon, yaitu Kota Cirebon, Kab. Cirebon, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka dan Kab. Indramayu. Tim Operasi Pengawasan yang terbagi 2 (dua) tim, yaitu Tim pengawasan Keimigrasian dan Tim Penindakan. Tim pengawas Keimigrasian melakukan operasi dengan terjun langsung ke lapangan dan menemukan 5 (lima) warga Negara asing yang bermasalah, yaitu antara lain warga Negara Suriah dugaan pelanggaran Ilegal Stay lokasi penemuan Kabupatan Kuningan, sedangkan warga Negara Jerman, Korea dan Jepang dugaan pelanggaran tidak membawa Paspor dengan lokasi penemuan di Kab. Majalengka dan Indramayu, sedangkan warga Negara Tingkok Dugaan Pelanggaran Penyalahgunaan Visa yang ditemukan di wilayah Kab. Cirebon.

Dari Ke 5 (lima) warga Negara asing tersebut dibawa ke Kantor Imigrasi Cirebon untuk dilakukan pemeriksaan lebih dalam oleh Tim Penindakan dan apabila dari hasil pemeriksaan diketahui melakukan pelanggaran Keimigrasian maka dapat dilakukan tindakan Administrasi Keimigrasian sesuai pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011, Ungkap Eko Budianto.