Tingkatkan Koordinasi Antar Instansi, Tim Pengawasan Orang Asing Kab. Kuningan Gelar Operasi Bersama

Published on : October 9, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_1694

Picture 1 of 4

Kuningan (06/10/2015) Kantor Imigrasi Cirebon kembali menggelar Operasi Pengawasan Orang Asing bekerjasama dengan berbagai perwakilan instansi daerah yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Tipora) wilayah Kab. Kuningan. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas tindak lanjut dari Rapat Koordinasi yang dilaksanakan sebelumnya pada (30/09/2015) di Kuningan. Sebelum operasi dilakukan, Tim pengawasan melakukan rapat di aula Kantor Kesbangpol Kuningan untuk membicarakan mengenai target operasi dan teknis pengawasan. Bertindak sebagai Ketua Pengawasan, Ben Yuda Karubaba selaku Kasubsi Pengawasan Keimigrasian Kantor Imigrasi Cirebon dalam rapat mengungkapkan, perusahaan tersebut mempekerjakan 3 tenaga kerja asing asal Korea Selatan yang salah satunya sudah menjadi WNI. “Apabila ditemukan adanya pelanggaran kita serahkan kepada instansi terkait yang berwenang sesuai dengan jenis pelanggarannya.” Ungkap Ben.

Setelah rapat, Tim pengawasan yang terdiri dari Kesbangpol Kuningan, Kasat Intelkam Polres Kuningan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabag Tata Pemerintah Setda, Lanal Cirebon dan Bea Cukai begerak menuju target PT. Utama Korindah yang beralamat di Desa Ciomas, Kecamatan Ciawigebang Kab. Kuningan.

Pada saat dilakukan pemeriksaan pada perusahaan yang memproduksi bulu mata palsu ini tim tidak menemukan adanya pelanggaran baik dari administrasi maupun dari izin tinggal orang asing tersebut. Heryansyah Daulay selaku Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon yang turut ikut dalam operasi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh instansi terkait yang tergabung dalam Tipora Kab. Kuningan yang telah melakukan operasi gabungan, “saya berharap kedepannya kordinasi antar instansi semakin baik khususnya dalam pengawasan orang asing,” harap Daulay.