Antusiasme Kantor Imigrasi Cirebon Ikuti Capacity Building dan Sosialisasi ASN

Published on : December 18, 2015 Categories: Article Post By: admin

IMG_4485

Picture 1 of 4

Cirebon, Capacity Building, pada dasarnya merupakan serangkaian strategi yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan responsifitas dari kinerja, melalui perbaikan kualitas sumber daya manusia untuk mendorong agar organisasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya serta meniciptakan kondisi lingkungan yang dibutuhkan oleh organisasi agar dapat berfungsi dengan baik.

Kegiatan capacity building ditekankan kepada unsur kerjasama tim dan konsentrasi agar dapat menghadapi berbagai rintangan untuk mencari solusi, sehingga kedepan dapat mengantisipasi berbagai persoalan – persoalan kehidupan yang sering terjadi sekaligus membentuk kepribadian yang mandiri, tegar, rasa solidaritas yang tinggi sesama rekan dan kerjasama yang baik sehingga suatu target akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan secara kompak dan terarah.

Sabtu pagi (12/12/2015) Kantor Imigrasi Cirebon melaksanakan kegiatan capacity building yang dilaksanakan di Prima Resort Sangkan, Kabupaten Kuningan. Sebelum melakukan perjalanan ke tempat acara, Kepala Kantor Imigrasi Cirebon, Eko Budianto menyampaikan pesan kepada para peserta yang terdiri dari seluruh pegawai baik tetap maupun tidak tetap, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperat dan memperkokoh silaturahmi antara sesama pegawai tanpa membedakan status sosial dan jabatan, untuk itu diharapkan seluruh peserta agar dapat menikmati seluruh kegiatan oleh panitia, demikian ujar Eko

Dengan menggunakan 1 buah bus besar yang mengangkut seluruh peserta, akhirnya tiba ditempat acara pada pukul 08.00 WIB. Selama pelaksanaan berlangsung, tampak seluruh peserta menikmati kegiatan capacity building ini yang berlangsung di suasana alam terbuka nan segar kabupaten Kuningan. Hujan rintik-rintik tidak menghalangi para peserta mengikuti rangkaian acara demi acara yang disuguhkan oleh panitia. Mulai dari menjelajahi pematang sawah sampai dengan permainan bola voli berkelompok, diikuti dengan semangat, penuh keceriaan dan gelak tawa oleh peserta.

Pada akhirnya kegiatan capacity building ini selesai mejelang pertengahan hari, diilanjutkan dengan shalat dan makan siang bersama oleh seluruh peserta. Pada kesempatan ini juga diadakan kegiatan sosialiasi tentang Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menghadirkan nara sumber dari Bagian Kepegawaian Sekretariat Ditjen Imigrasi. Sosialisasi ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta capacity building yang notabene adalah pegawai Kantor Imigrasi Cirebon bahwa paradigma tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah tidak seperti dulu lagi yang dimana menjadi penilaian adalah beban hasil kerja bukan pangkat maupun lamanya bekerja.

Sehingga dengan hadirinya Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapakan memberikan keadilan bagi pegawai yang benar-benar bekerja dengan sungguh-sungguh yang nantinya akan berbeda dengan pegawai yang bekerja dengan tidak sungguh-sungguh. Selesai narasumber memaparkan materi, banyak peserta dengan antusias mengajukan pertanyaan seputar sosialisasi ini.

Setelah puas mendengarkan jawaban dari narasumber yang hadir, akhirnya acara ini ditutup dengan doa dan pada pukul 14.30 WIB para peserta meninggalkan Prima Resort Sangkan, Kabupaten Kuningan untuk kembali Kantor Imigrasi Cirebon. (NDN)