Safari Penyuluhan Hukum Serentak Tahun 2016 Kanim Cirebon

Published on : February 3, 2016 Categories: Article Post By: admin

luhkumtakfile

Picture 1 of 3

Kamis (28/01/2016) Kantor Imigrasi Cirebon melaksanakan penyuluhan hukum serentak ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Kota Cirebon. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Sekretaris Jenderal Kemenkumham No. SEK.UM.01.01-13 tanggal 22 Januari 2016 perihal Penyuluhan Hukum Serentak tahun 2016 di seluruh Indonesia. Tujuan dari Kegiatan ialah dalam rangka Mewujudkan Kemanfaatan Hukum yang berkePASTIan dan Membangun Masyarakat yang Cerdas Hukum.

Untuk Kantor Imigrasi Cirebon rangkaian ini dimulai pukul 08.00 WIB tim penyuluh yang terdiri dari Kepala Kantor, Kepala Seksi Lalintuskim dan Kepala Seksi Fosarkim dan beberapa pegawai bergerak menuju SMK Veteran yang beralamat di Jl. Pemuda Kota Cirebon, lalu dilanjutkan ke Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon di Jl. Perjuangan dan SMK Wahidin di Jl. Wahidin Sudirohusodo. Kedatangan tim penyuluh ini disambut baik oleh pihak sekolah/kampus dan siswa-siswi didik yang hadir sebagai peserta penyuluhan.

Pada Kesempatan ini Eko Budianto selaku Kepala Kantor mengingatkan pentingannya kesadaran hukum yang berlaku dan memberikan pengertian tentang akan dilaksanakannya penerapan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) oleh pemerintah, yang di mana tidak ada lagi sekat-sekat antar negara ASEAN sehingga memungkinkan orang asing dapat bekerja di segala sektor di Indonesia. Untuk itu Eko meminta agar seluruh peserta penyuluhan sebagai generasi muda harus mempersiapkan kompentensi diri untuk bisa bersaing dalam mengahadapi MEA tersebut.

Acara ini beberapa waktu diselingi oleh berbagai permainan berupa pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan oleh tim kepada peserta penuluhan seputar materi yang telah disampaikan. Bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan tim memberikan hadiah berupa sebuah mug cantik dan doorprize menarik. Hal ini menambah antusiasme peserta untuk terus mengikut kegiatan sampai dengan selesai.