Kanim Cirebon Selenggarakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Majalengka

Published on : September 13, 2016 Categories: Article Post By: dapurfosarkim

page

Picture 1 of 1

Majalengka, (07/09/2016) Dalam upaya mensinergikan pengawasan orang asing tingkat Kab/Kota, Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing yang bekerjasama dengan Aparat Pemerintah Daerah setempat. Sesuai dengan cakupan wilayah tugas Kantor Imigrasi Cirebon,  untuk kali ini dilaksanakan diwilayah Kabupaten Majalengka yang melibatkan beberapa instansi yang berada di Majalengka yaitu, Kesbangpol Majalengka, Disdukcapil Majalengka, Kementerian Agama Majalengka, Polres Majalengka, Kodim Majalengka, dan instansi lainnya yang terkait.

Acara di mulai pada pukul 09.00 WIB bertempat RM. Tiga Dara, Kabupaten Majalengka dengan materi ruang lingkup dan tugas Tim Pengawasan orang Asing yang dibawakan oleh Sekretaris Tim Pengawasan Orang Asing Kasi Wasdakim Raja Ulul Azmi sekaligus mewakili Kepala Kantor Imigrasi yang berhalangan hadir serta rencana operasi gabungan yang akan dilaksanakan setelah selesai rapat.

Dalam paparannya Raja menyampaikan bahwa Tim Pengawasan Orang asing ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 06 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian yang mana menyebutkan bahwa untuk melakukan pengawasan Keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah pusat, Menteri membentuk tim pengawasan orang asing yang terdiri atas badan atau instansi pemerintah terkait, untuk wilayah Propinsi diketuai oleh Kepala Kantor Wilayah, sedangkan tingkat Kabupaten/Kota diketuai oleh Kepala Kantor Imigrasi.

Salah satu tugas Timpora adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi atau lembaga pemerintah terkait mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing termasuk melakukan operasi gabungan yang bersifat khusus dan terencana. Apabila dalam operasi gabungan tersebut ditemukan tindak pidana, maka akan diserahkan kepada badan atau instansi terkait sesuai kewenangan masing-masing dan telah masuk keanggotaan Timpora.

Setelah rapat usai, tim langsung menuju ke target operasi ke beberapa perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing di wilayah Kabupaten, Melalui rapat koordinasi dan operasi gabungan ini diharapkan masing-masing instansi dapat bekerjasama mengawasi keberadaan orang asing, mengingat personil yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Cirebon khususnya diseksi Wasdakim berjumlah 9 (sembilan) orang saja, dengan keterbatasan personil tersebut, Kantor Imigrasi mengharapkan kerjasama yang baik dengan seluruh jajaran aparat pemerintah daerah maupun aparat penegak hukum diwilayah Kab. Majalengka, keberadaan orang asing diwilayah ini, bukan hanya tugas Kantor Imigrasi saja, melainkan tugas kita bersama sesuai dengan kewenangan instansi masing-masing. Ungkap Raja.