Kepala Kantor Imigrasi Cirebon Menghadiri Pengukuhan Unit Pembarantasan Pungutan Liar Tingkat Kota Cirebon

Published on : January 13, 2017 Categories: Article Post By: rifki pratama

PicMonkey Collage

Picture 1 of 1

Cirebon, (13/01/2017) Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon didampingi Kasubsi Informasi Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon menghadiri Pengukuhan Unit Pemberantasan Pungutan Liar Tingkat Kota Cirebon. Bertempat di Ruang Adipura Kencana Balaikota Cirebon, acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPRD, Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Para Assisten dan Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah, BUMD, Camat dan Lurah se-Kota Cirebon.

Diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa dikukuhkannya Tim Saber Pungli atau Unit Pemberantasan Pungli Pemerintah Daerah Kota Cirebon bertujuan untuk mengatasi masalah pungli yang kini menjadi sorotan masyarakat.

Unit Satgas Pemberantasan Pungutan Liar Tingkat Kota Cirebon mengemban tugas yaitu Membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, Melakukan pengumpulan data dan informasi dari pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi, Mengkoordinasikan, Merencanakan, dan Melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar, Melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Memberikan rekomendasi kepada pimpinan untuk memberikan sanksi kepada pelaku pengutan liar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pemberantasan pungutan liar pada pemerintah Kota Cirebon.

Solusi pemerintah untuk saat ini mengenai pungli akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar bagaimana masyarakat bisa mengerjakan sendiri segala sesuatunya dalam melakukan pengurusan baik perijinan maupun lainnya, dan masyarakat diberitahukan besaran biaya pengurusan melalui media papan pengumuman di ruang publik agar masyarakat mengetahui. Karena pungli juga timbul dari masyarakat yang tidak mau menunggu dan mengurus segala sesuatunya. Bukan hanya pegawainya yang disadarkan akan tetapi masyarakat pun perlu disadarkan juga, ujar aziz.

Sesuai dengan Keputusan Walikota Cirebon Nomor : 700/Kep.67-IRDA/2017, tanggal : 12 Januari 2017 telah mengukuhkan sebanyak 65 orang yang berasal dari Instansi Pemerintah, Kedinasan terkait, Kepolisian, Kodim, Kesbangpol, Satpol PP, Kejaksaan, dan Akademisi menjadi Kepengurusan dalam Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kota Cirebon.

Diharapkan dengan adanya pengukuhan kepada anggota Unit Pemberantasan Pungli di tingkat Kota Cirebon dapat melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam melakukan tugas sapu bersih pungli serta menjaga integritas, loyalitas disemua aspek pelayanan kepada masyarakat.