Deteksi Dini Pemalsuan Paspor dan Visa Amerika Serikat, Kanim Cirebon Ikuti Pelatihan

Published on : March 17, 2017 Categories: Article Post By: rifki pratama

page

Picture 1 of 1

Bandung, (15/03/2017), Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon mengikuti pelatihan pendeteksian dokumen perjalanan dan visa Amerika Serikat Palsu yang diadakan oleh Assistant Regional Security Officer-Investigator Kantor Keamanan Regional Kedutaan Besar Amerika Serikat-Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Crowne Kota Bandung ini, diikuti oleh perwakilan Kantor Imigrasi Se Jawa Barat, Staf Polda jabar, dan Staf Catatan Sipil Kota Bandung.
Menurut Gieta Rahayu Pimandari selaku Kasi Fosarkim Kanim Cirebon yang mengikuti kegiatan ini beserta 2 orang staf mengatakan,” kegiatan ini sangat penting bagi petugas di Kantor Imigrasi, pelatihan ini sebagai langkah antisipasi beredarnya dokumen perjalanan palsu seperti paspor dan visa yang bisa disalahgunakan ”, Ujar Gieta.
Menurut Gieta, petugas Imigrasi harus memiliki keterampilan atau pengetahuan untuk mengetahui ciri-ciri dokumen palsu, mengingat salah satu fungsi dari Imigrasi adalah sebagai penjaga pintu gerbang negara dari keluar masuknya orang ke wilayah Indonesia, tentu kemampuan tersebut akan berguna dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.
Assistant Regional Security Officer Investigator Kantor Keamanan Regional Amerika Serikat Scott J. Stalla mengatakan bahwa sebagai badan yang berwenang untuk mengeluarkan paspor dan visa Amerika Serikat sangat memperhatikan integritas dan keamanan dari dokumen-dokumen tersebut. “Pelatihan ini adalah pelatihan dasar yang bertujuan agar peserta dengan cepat dapat mendeteksi visa dan paspor palsu yang mungkin ditemui dalam menjalankan tugasnya”, Ungkapnya.