Kanim Cirebon berikan sosialisasi Wawasan Keimigrasian pada Mahasiswa di Universitas Kuningan

Published on : April 6, 2017 Categories: Article Post By: rifki pratama

IMG_89923

Picture 1 of 1

Kuningan (03/04/2017) Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon tak henti-hentinya berikan pengetahuan keimigrasian pada masyarakat, pada kesempatan ini pembekalan di berikan pada mahasiswa dengan memberikan sosialisasi wawasan keimigrasian “Mengenal  Lebih Dekat Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon di Universitas Kuningan (UNIKU) Jawa Barat.

Kegiatan ini di helat di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  dengan narasumber Kepala Seksi fosarkim Gieta Rahayu Pimandari dan Kepala Sub Seksi Informasi, Machmudi.

Selama ini masyarakat mengenal Kantor Imigrasi hanya sebatas untuk membuat paspor, padahal Kantor Imigrasi mempunyai tugas pokok dan fungsi lainnya salah satunya pengawasan terhadap orang asing contohnya, “ujar Mahmudi pada saat membawakan materi”

Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon menggandeng seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat aktif dalam melakukan pengawasan orang asing, pentingnya kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kepedulian masyarakat agar semakin peka terhadap keberadaan orang asing di sekitarnya.

Pengawasan terhadap orang asing perlu lebih ditingkatkan sejalan dengan meningkatnya tingkat kejahatan internasional seperti perdagangan dan penyelundupan manusia, tindak pidana narkotika dan lainnya. Kantor Imigrasi tidak bisa bekerja sendiri dengan jumlah pegawai yang terbatas sehingga perlu dukungan masyarakat untuk bekerja bersama-sama dalam mengawasi orang asing di Wilayah III Cirebon.

Selain pengawasan orang asing, Kanim Cirebon juga membawakan materi mengenai pencegahan TKI non procedural sebagai bentuk pembekalan bagi mahasiswa setelah lulus nanti yang ingin bekerja di luar negeri lebih memahami proses bekerja dengan perijinan yang resmi.