Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Majalengka

Published on : August 25, 2017 Categories: Article Post By: rifki pratama

1

Picture 1 of 5

Majalengka (24/08/17) Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon kembali melaksanakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora), pada kegiatan kali ini di laksanakan di wilayah Kabupaten Majalengka. Rapat yang dibuka oleh Sekretaris  Timpora Raja Ulul Azmi selaku Kasi Wasdakim Kanim Cirebon ini diikuti oleh berbagai instansi yang tergabung dalam Tim Pora wilayah Kabupaten Majalengka yaitu Polres Majalengka, Badan Intelijen Daerah Majalengka, Lanal Cirebon, Dinas Pendidikan Majalengka, Balai Pelayanan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon, Kodim 0617 Majalengka, Kesbangpol Majalengka, Disdukcapil Majalengka, dan Lanud Sukani Majalengka.

Raja mengungkapkan “melalui kegiatan ini mari kita tingkatkan sinergitas dan koordinasi keberadaan orang asing, Ungkap Raja. Selain itu Raja  mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini akan terjalin kerjasama ataupun tukar menukar informasi antar instansi terkait”. Rapat ini sekaligus merencanakan kegiatan operasi gabungan bagi perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing. Apabila pada kegiatan operasi tersebut terdapat orang asing yang terjaring kita serahkan kepada instansi terkait sesuai dengan jenis pelanggarannya, pungkas raja.

Sementara itu, Teuku Adelian Muda selaku Kasubsi Pengawasan Kanim Cirebon mengungkapkan “kehadiran orang atau investasi asing memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat terhadap pengembangan dan pembangunan daerah, namun dampak negatifnya pun perlu di waspadai, karena Indonesia mempunyai kebijakan selekktif policy yaitu hanya orang asing yang memberikan manfaat dan tidak membahayakan kepentingan umum yang boleh memasuki wilayah Indonesia”, Ucapnya.

Setelah rapat usai, Tim melakukan operasi gabungan terhadap salah satu perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing di Majalengka. Pada kegiatan operasi kali ini tim tidak menemukan adanya pelanggaran terkait dokumen maupun ijin tinggal orang asing tersebut.